Jumat, 13 Juli 2012

Beasiswa BBM dan PPA 2012 Bina Sarana Informatika (BSI)

BEASISWA BANTUAN BELAJAR MAHASISWA (BBM) dan PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK (PPA)

Dalam rangka meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi warga negara Indonesia, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah karena kurang mampu membiayai pendidikan, serta meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beasiswa dalam bentuk Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang masih aktif dalam jenjang pendidikan program Diploma dan Sarjana dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Bagi mahasiswa program S1/Diploma IV, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
  2. Bagi mahasiswa program Diploma, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester IV (untuk Program D-II) atau VI (untuk Program D III).
 BEASISWA BBM

Beasiswa BBM diberikan kepada mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,50 yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikan.

BEASISWA PPA

Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikan.
Persyaratan lebih lanjut dapat dilihat pada alamat website Dikti: http://.dikti.kemdiknas.go.id dengan headline Pedoman Beasiswa PPA dan BBM atau dapat menghubungi Pembantu Dekan III masing-masing fakultas.



Tahun anggaran 2012 pemerintah kembali akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Bina Sarana Informatika berupa beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) , Bagi mahasiswa yang berminat beasiswa ini segera mengajukan , berkas diberikan ke Ibu Indarti di BSI F2 - Jl. Dewi Sartika No. 77 (Kampus A), Cawang, Jakarta Timur.
Info lebih lanjut hubungi Ibu Indarti 021-8000063 (HALO BSI)

Adapaun persyaratan untuk mengajukan beasiswa ini sebagaimana lampiran berikut




Persyaratan Mendapatkan Beasiswa BBM/PPA
  1. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Fotocopy Rekening Listrik Bulan Terakhir atau 3 Bulan Sebelumnya (satu bulan saja yang dilampirkan)
  3. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Instansi lain diketahui oleh direktur Akademi*
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotocopy Transkrip Nilai dengan IPK >2.50 – 4.00
  6. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali dari kelurahan (bagi yang tidak bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil/Swasta) di sah kan oleh kelurahan atau Slip Gaji (bagi yang bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil/Swasta)*
  7. Surat Keterangan tidak mampu / Surat layak mendapat bantuan beasiswa dari kelurahan (bagi yang tidak mampu/BBM) atau  Surat Permohonan Pengajuan Beasiswa dari kelurahan (bagi yang mampu)*
  8. Fotocopy Piagam atau bukti berprestasi (Optional)

Nb :
  1. Masing-masing melampirkan 2 Rangkap (* : Asli dan Fotocopyan)
  2. Info lebih lanjut hubungi Ibu Indarti 021 – 8000063 (Halo BSI)

 
 Jika anda belum tahu, seperti apa bentuk surat pernyataan atau surat keterangan berdasarkan persyaratan di atas, dont worry because im single im very happy (Loh..!!). Saya akan memberikan contoh nya sebagai berikut :

CONTOH 


Surat Permohonan Pengajuan Beasiswa

Jakarta, 15 Juli 2012
Kepada Yth,
Direktur AKOM (Sesuai akademi yang diambil) Bina Sarana Informatika
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi beasiswa prestasi dari bina sarana informatika, maka dengan ini saya :

            NIM                :
            Nama              :
            Jurusan            :
            Semester         : (semester sekarang)
            IPK                 : (IPK yang sudah keluar nilai nya)
            Alamat            :
            No telepon      :
            No Rekening   : (Nama Bank) cabang .... , (No rekening) , A/n .......

Bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa. Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


         (nama pemohon)



Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari Instansi lain

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama Mahasiswa                    :
NIM                                        :
Jenjang Program                      : Diploma III (D3) atau S1
Semester / IPK                        : (semester sekarang/IPK yang sudah keluar nilainya)
Alamat                                    :
No Telepon                             :

Dengan ini menyatakan bahwa saya ;
  1. Pada saat ini tidak sedang menerima beasiswa dari instansi / lembaga tertentu.
  2. Sampai dengan bulan desember 2012 masih aktif / belum lulus.

Apabila dikemudian hari ternyata terbukti saya menerima beasiswa lain. Saya sanggup dikenakan sanksi dan bersedia mengembalikan bantuan tersebut kepada pihak yang berwenang.

                    Jakarta, 21 juli 2012
                   Yang membuat pernyataan
                        Pemohon beasiswa

                     (TTD)
                          (materai 6000)
               (Nama mahasiswa pemohon)



SURAT PERNYATAAN
PENGHASILAN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               :
Pekerjaan         :
Alamat              :

Adalah orang tua / wali dari

Nama               :
NIM                :
Semester          : (semester sekarang)
Jurusan            :
Program Studi :
Alamat             :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa penghasilan saya perbulan sebesar Rp.................................. dengan tanggungan keluarga sebanyak orang.

Demikianlah surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya.

               Jakarta, .......................... 2012

Mengetahui :
Ka.Instansi/Lurah/Kades setempat,                                                               Orang tua / Wali,        


                       
..................................................                                                              ..................................................
Di bubuhi cap/stempel instansi terkait                                                        Tanda tangan dan nama terang.



SURAT PERNYATAAN
KELUARGA TIDAK MAMPU

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               :
Pekerjaan         :
Alamat              :

Adalah orang tua / wali dari

Nama               :
NIM                :
Semester          :
Jurusan            :
Program Studi :
Alamat            :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa penghasilan saya perbulan sebesar
Rp.................................. dengan tanggungan keluarga sebanyak orang, dan masuk dalam kategori KELUARGA TIDAK MAMPU di lingkungan saya.

Demikianlah surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya.

             Jakarta , .......................... 2012
Mengetahui :
Kepala Desa/ Lurah setempat,                                                                          Orang tua / Wali,


..................................................                                                            ..................................................
Di bubuhi cap/stempel instansi terkait                                                      Tanda tangan dan nama terang



Semoga informasi ini bermanfaat.

34 komentar:

  1. mau tanya...yang dilampirkan 2 rangkap (fotocpy dan asli) yg mana saja????

    BalasHapus
  2. semua berkas dilampirkan 2 rangkap namun untuk berkas yang terdapat tanda bintang, berkas nya disertakan asli nya ..
    nanti ketika pengajuan harap berkas nya di pisahkan, 1 rangkap yang asli atau ada berkas yang asli dan 1 rangkap lagi fotocopyan semua ...

    BalasHapus
  3. makasih ka info nya :D

    trkhir pngjuan tggl 20 juli ya ka??? sya mhsiswa smster 2,,,tpi nilai smster 2 nya bru kluar tggl 21 juli 2012...gmna ya??? apa masih bisa dkrim pngjuannya ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reply : pake IPK semester 1 juga bisa ,, tapi kalo misalkan IPK semester 2 kamu lebih besar lebih baik gunakan IPK semester 2 .. Untuk Deadline pengajuan nya ,, telepon Ibu Indarti di HALO BSI ,, setau saya ,, pengajuan beasiswa nya bisa sampai hari selasa tanggal 24 Juli 2012 ..

      Hapus
    2. alhmdullah kalo masih bisa :D
      ya nanti sya tlpon HALO BSI
      mksih ka info nya ^_^

      Hapus
    3. sama-sama , semoga berhasil ya ...

      Hapus
  4. klo yang udah semester 5 bisa dapet ga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut informasi yang saya dapat ,, batas pengajuan beasiswa nya maksimal semester 3 tapi kalo kamu masih penasaran ,, lebih baik tanya ibu indarti di HALO BSI (021-8000063)

      Hapus
  5. ka benar kan btas pngajuan smpai tgl 24 juli????
    sya telpon HALO BSI ga diangkat2 ka....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,, tadi saya sudah konfirmasi sama teman yang mengajukan beasiswa juga ,, mending kamu langsung datang aja ke BSI dewi sartika kampus A sekaligus dibawa berkas-berkas nya ,, bilang ke ADM ingin bertemu dengan ibu Indarti ,, kalo sudah bertemu dengan ibu Indarrti nya ,, bilang aja mau memberikan persyaratan pengajuan beasiswa ,, nanti beliau juga langsung mengerti ..

      Hapus
  6. kak.kalo surat keterangan layak mendapatkan beasiswa/ permohonan pengajuan beasiswa dai kelurahan itu (bukan SKTM)kayak gimana ya? bisa minta contohnya... mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang Lebih nya seperti ini ,, Nanti di edit Ulang Aja tata letak nya coz tata letak nya udah di atur tetap aja berantakan ,, Semoga bermanfaat !!


      Surat Permohonan Pengajuan Beasiswa (di Tengah2)

      Dengan hormat,
      Sehubungan dengan adanya informasi beasiswa prestasi dari bina sarana informatika, maka yang bertanda tangan dibawah ini , saya :
      NIM :
      Nama :
      Jurusan :
      Semester : (semester sekarang)
      IPK : (IPK yang sudah keluar nilai nya)
      Alamat :
      No telepon :
      No Rekening : (Nama Bank) cabang .... , (No rekening) , A/n .......

      Bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa. Demikian surat permohonan ini dibuat dengan sebenarnya.
      (pojok Kanan) Jakarta , .......................... 2012
      Mengetahui :
      Kepala Desa/ Lurah setempat, (Kasih jarak) Hormat Saya,


      ......................................... (Kasih Jarak) ....................
      Di bubuhi cap/stempel instansi terkait (Nama Pemohon)

      Hapus
  7. ka aku mau tanya, aku dapet sms dari pihak BSI kalau aku dapat beasiswa lalu disuruh menguhubungi no tel. Ibu Sita dari BSI cabang Cawang
    pas aku telfon ibu itu nanya soal apa sudah kerja belum trus ditanya no rekeningnya, sehabis itu aku disuruh datang ke BSI Dewi Sartika bawa fotocopy buku rekening disana disuruh ketemu sama Tim Beasiswanya. Itu beneran ga ya ka? soalnya kakak ku juga pernah dapet beasiswa tapi ga ditanyain soal no.rekening
    tolong dijawab ya ka.. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sori ya baru bisa bales ,, soal no rekening ,, memang di minta dari tim beasiswa nya ,, kan di dalam surat2 persyaratan beasiswa tercantum No. rekening disitu ... Informasi yang saya dapet soal no. rekening ,, kata mereka (tim beasiswa BSI) ,, berguna untuk mentransfer dana beasiswa nya ke no. rekening mu ..

      Hapus
    2. TERMASUK foto copy buku rekening karena berguna untuk mengecek apakah dana beasiswa nya tersalur dengan orang yang bersangkutan ...

      Hapus
  8. wahh,,, aku baru baca ni. kira2 beasiswanya diadain tiap semester nggak yaaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tiap semester ,, pemerintah bisa rugi ...

      Hapus
  9. udah gk ada ya beasiswanya? kapan ada lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk informasi jelas nya ,, telepon ke kampus bsi pusat (dewi sartika) ...

      Hapus
  10. Numpang nanya yah, saya saat ini sudah semester 3. dari semester 1 & 2 saya mendapatkan beasiswa voucher 100%. pas sekarang semester 3 saya tidak perpanjang, karena ketinggalan informasi. di semester depan apa saya bisa mengajukan beasiswa lagi ka?

    BalasHapus
  11. maaf kakak ,, saya kurang tahu informasi tersebut ,, mungkin bisa ditanyakan langsung ke adm bsi untuk lebih jelas nya dan saya mau tanya kakak ,, voucher beasiswa itu apa sih?syarat dan pengajuan nya bagaimana?

    BalasHapus
  12. saya mau tanya..
    itu semua ditulis tangan atau di print aja?
    ehm,.. pake materai ga? yang mana aja?? makasih ya !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua di ketik dan di print ....
      Untuk yang memakai materai 6000 cukup surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain saja....

      Hapus
  13. apakah masih ada beasiswanya ? saya ingin mengajukannya :)

    BalasHapus
  14. untuk periode September-desember mungkin masih bisa ,, untuk informasi lebih jelas nya tanya atau telepon ADM BSI DWS A (kantor pusat BSI)...

    BalasHapus
  15. tadi saya ke adm bsi dws, katanya kalau mau mengajukan ngga apa2, di acc atau tidaknya nanti.. saya bingung, ketahuan saya dapatnya darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya namanya juga masih mengajukan ,, di ACC atau tidak nya tergantung pemerintah nantinya ... mudah-mudahan aja di ACC ...amin

      Hapus
  16. nanya lagi nih ka hehe... kalo untuk rekening harus rekening kita sendiri aja? apa boleh pake rekening kakak sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus rekening sendiri kalau pake rekening orang lain takutnya terjadi apa-apa .... karena tidak ada pemberitahuan kalau dana beasiswa nya cair ...

      Hapus
  17. itu pendataran beasiswanya berlaku sampe kapan ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru balas ,, informasi lebih lanjut hubungi kantor pusat BSI aja ... terima kasih

      Hapus
  18. ka, untuk beasiswa tahun 2013 da gx yy.. untuk pengajuan beasiswa diatas masih bsa gx yy ??
    trima kasih..

    BalasHapus
  19. BOS tolong buatkan contoh pengajuan beasiswa ke bsi sedangkan ini baru mau masuk

    BalasHapus
  20. kalo untuk bulan2 ini ada gk ya kak...tadi udah tanya ke admin,dianya gk tau menau tntang beasiswa trnyata,apakah IPK minimal harus 3,5?

    trimakasih kak :)

    BalasHapus