Jumat, 01 Juni 2012

Membuat Desain Program Televisi


Pada dasarnya desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan sesuatu yang baru.  Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Sedangkan program televisi merupakan suatu rancangan kegiatan yang di susun hingga menjadi sebuah acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi.
Desain program televisi adalah proses pembuatan pola rancangan dasar atau ide atau gagasan yang disusun kedalam sebuah naskah atau script hingga menjadi rancangan kegiatan acara yang layak di tayangkan oleh stasiun televisi.
Didunia penyiaran, Program merupakan unsur yang sangat penting, karena program yang disiarkan memiliki dampak yang sangat luas terhadap masyarakat. Oleh sebab itu Stasiun penyiaran harus benar-benar memperhatikan dan merancang programnya dengan baik.

Bentuk Program dan Deskripsi Jobdesk yang dibutuhkan

Jenis Karya
Anggota
Durasi
Deskripsi Pekerjaan
Feature & Dokumenter
3  Orang
·     Produser
·      Penulis naskah
·      Director
Max 24’
·   Produser : Manajemen Produksi dan   Konsep Program
·  Sutradara : Teknik Pengambilan Gambar, Teknik Editing, pendekatan sinematografi, Kreativitas Program
·   Penulis Naskah : Teknik Penulisan Naskah, Konsep dan Eksplorasi Naskah
( Narasi, Steatment, Voice Over)
Produksi Berita TV
2 Orang
·        Produser
·        Reporter
Max 24’
·   Produser : Manajemen Program dan   Teknis Produksi
·   Reporter : Teknik Penulisan Naskah, Teknik Liputan, Penyampaian Berita
Produksi Berita Radio
2 orang
·        Produser
·        Reporter
Max 24’
·   Produser : Manajemen Program dan   Teknis Produksi
·   Reporter : Teknik Penulisan Naskah, Teknik Liputan, Penyampaian Berita
Laporan Investigasi
3 orang
·     Produser
·      Penulis naskah
·      Director
Max 24’
·   Produser : Manajemen Produksi dan   Konsep Program
·  Sutradara : Teknik Pengambilan Gambar, Teknik Editing, pendekatan sinematografi, Kreativitas Program
·   Penulis Naskah : Teknik Penulisan Naskah, Konsep dan Eksplorasi Naskah
( Narasi, Steatment, Voice Over)
Produksi Program TV Non Berita
(Magazine Show,Variety Show, Talk Show)
2 Orang
·        Produser
·        Sutradara
Max 24
·   Produser : Manajemen Produksi dan   Konsep Program
·  Sutradara : Teknik Pengambilan Gambar, Teknik Editing, Pendekatan sinematografi, Kreativitas Program








































PANDUAN UMUM PENULISAN LAPORAN TUGAS AKHIR PENCIPTAAN KARYA

Secara umum susunan Tugas Akhir (TA) terdiri dari :

  • Awal Laporan
  • Isi Laporan
  • Akhir Laporan


Awal Laporan

Bagian awal Tugas Akhir terdiri dari :

  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Judul
  3. Halaman Pernyataan Orisinalitas
  4. Halaman Persetujuan
  5. Halaman Pengesahan
  6. Kata Pengantar dan atau Ucapan Terimakasih
  7. Abstrak
  8. Daftar Isi
  9. Daftar Tabel
  10. Daftar Gambar
  11. Daftar Lampiran

Penjelasannya adalah sebagai berikut :


1. Halaman Sampul

Bagian ini harus memberikan informasi singkat, jelas dan tidak mendua arti kepada pembaca tentang Tugas Akhir, mengenai Judul, Jenis Tugas Akhir, Identitas Penulis, Institusi, dan Tahun Pengesahan.

2. Halaman Judul

Secara umum informasi dalam ‘Halaman Judul’ sama dengan ‘Halaman Sampul’. Pada halaman ini, termuat juga informasi tambahan berupa Tujuan dan dalam rangka apa Tugas Akhir ini dibuat oleh mahasiswa.

3. Halaman Pernyataan Orisinalitas

Halaman ini berisi pernyataan orisinalitas tertulis dari penulis bahwa Tugas Akhir yang disusun adalah benar-benar merupakan karya mahasiswa sendiri (orisinil).

4. Halaman Persetujuan

Halaman Persetujuan adalah halaman yang berisi persetujuan dan pembimbing bahwa proses bimbingan Tugas Akhir telah selesai.

5. Halaman Pengesahan

Halaman Pengesahan berfungsi menjamin legalitas Tugas Akhir. Pengesahan dilakukan oleh Penguji dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi.

6. Kata Pengantar

Memuat pengantar secara singkat atas Tugas Akhir. Pada Kata Pengantar umumnya disertai dengan ucapan terimakasih. Ucapan terimakasih setidaknya ditujukan kepada pihak baik secara individu maupun kelembagaan yang terkait langsung dengan penyusunan Tugas Akhir.

Ucapan terimakasih ditulis sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa harus menanggalkan sifat ilmiah Tugas Akhir yang disusun.

7. Abstrak

Abstrak merupakan ikhtisar Tugas Akhir yang memuat permasalahan, tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Abstraksi dibuat untuk memudahkan pembaca mengerti secara cepat mengenai isi Tugas Akhir.

8. Daftar Isi

Daftar Isi memuat judul tiap bagian Tugas Akhir beserta nomor halaman masing-masing, yang mencerminkan pembagian bab/sub bab dari dokumen tersebut. Pada umumnya untuk  menghasilkan daftar isi yang ringkas dan jelas, sub bab derajat dua dan tiga boleh tidak ditulis pada Daftar Isi.

9. Daftar Tabel, Gambar, dan Lampiran

Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar lainnya digunakan untuk memuat nama Tabel, Gambar, dan lainnya yang digunakan dalam penulisan. Penulisan nama Tabel, Gambar dan lainnya menggunakan huruf besar di awal katanya.

Catatan : Detil contoh ada pada lampiran.

Isi Laporan (Tugas Akhir Non SKRIPSI)

Isi Tugas Akhir disesuaikan dalam sejumlah Bab. Pembagian Bab dari Pendahuluan sampai Kesimpulan ditentukan sesuai pertimbangan tertentu. Tugas Akhir terdiri dari lima Bab.

·        Bab I     Pendahuluan
·        Bab II   Tinjauan Pustaka
·        Bab III  Metodologi Penciptaan Karya
·        Bab IV Pembahasan dan Implementasi Karya
·        Bab V   Penutup

Penjelasannya sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan

Pada bab Pendahuluan ini terdiri dari beberapa sub pokok bab yang meliputi :

  1. Latar Belakang

Bagian ini memuat tentang : apa yang mendasari dan mengapa karya tersebut diciptakan. Pencipta memberikan penjelasan mengenai latar belakang munculnya ide penciptaan karya. Pencipta dapat menampilkan data awal yang diperoleh dari hasil observasi pendahuluan, fakta atau fenomena yang terjadi dalam khalayak (audience). Pencipta juga harus mampu menjelaskan  available audience yang dapat diperoleh antara lain melalui riset khalayak.

  1. Rumusan Ide Penciptaan

Bagian ini pencipta menjelaskan kaitan antara fakta atau data (termasuk target audience) yang diperoleh dengan Rumusan karya yang akan diciptakan. Pencipta dalam bagian ini juga menjelaskan mengenai Karya dan penjelasan Judul Karya.

  1. Tujuan Karya

Bagian ini memuat tujuan penciptaan karya, khususnya kepada target audience yang sudah direncanakan.

  1. Manfaat Karya

Bagian ini memuat manfaat setelah karya tersebut selesai diciptakan. Manfaat karya meliputi ‘dan Manfaat Umum ‘Manfaat Praktis’. Manfaat Akademis’

  1. Sistematika Penciptaan

Bagian ini memuat gambaran umum dari bab ke bab.


Bab II  Tinjauan Pustaka

Di dalam Tinjauan Pustaka ini, Pencipta menjelaskan Landasan Teori. Selain itu Pencipta juga memaparkan ‘Karya-karya’ yang telah ada sebelumnya atau hasil karya yang menjadi referensi/inspirasi ide awal.

1.      Kajian Sumber Penciptaan
              
Bagian ini memuat tentang : referensi bagi Pencipta dalam menciptakan karya. Karya yang menjadi referensi dijelaskan secara rinci mulai dari jenis karya, judul karya, analisa karya teknis dan non teknis, dan yang menjadikan sumber dari karya tersebut seperti apa. Minimal 2 karya dan bisa dipaparkan dengan table.

2.      Landasan Teori atau Deskripsi Teori

Bagian ini memuat tentang deskripsi dari teori - teori yang mendasari dan yang akan dilakukan.

Sebagai Contoh Karya Broadcast Journalism : Bentuk pemaparannya adalah sintesis teori, misalnya mulai dariDeskripsi Media Massa’, ‘Konsep mengenai informasi dan pesan dalam konteks Komunikasi’, ‘Televisi’, ‘Program Televisi’, ‘Dokumenter TV sebagai Media Komunikasi Massa’, ‘Dokumenter TV’, ‘Karakteristik Dokumenter TV’, ‘Karakteristik Khalayak Dokumenter TV’. ‘ Tugas dan tanggung jawab Produser / Sutradara / Penulis Naskah, dan yang berkaitan atau yang mendukung atau landasan lainya. Lebih disesuaikan dengan judul yang diangkat, serta yang mendukung lainya.

Sebagai contoh karya Visual Communications  : Bentuk pemaparannya adalah sintesis teori, misalnya mulai dariDeskripsi Media Massa’, ‘Konsep mengenai informasi dan pesan dalam konteks Komunikasi’, Media Promo, Promosi Terpadu, Desain Grafis, Drawing / Gambar, Layout, Logo, Color, Packaging, Tipografi, fotografi, pencahayaan, teknik pengambilan gambar. Lebih disesuaikan dengan judul yang diangkat, serta yang mendukung lainya.


Bab III Metode Penciptaan Karya

Metode berarti cara, teknik atau prosedur untuk mengerjakan sesuatu. Metode Penciptaan Karya mencakup langkah-langkah penciptaan karya. Bagian ini Pencipta memaparkan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam menciptakan karya, mulai dari Ide Penciptaan dan Indikator Hasil, Media, Peralatan, dan Teknik Penciptaan :

1.      Deskripsi Program
Menjelaskan secara rinci keseluruhan dari karya yang akan diproduksi mulai dari jenis karya, media, karakter, durasi atau bentuk dan penyampaian karya. (contoh terlampir)

misal : Mengenali Khalayak/Target Audience’, ‘Menentukan Format Program Acara TV’, ‘Pelaksanaan Pra Produksi (Penentuan Crew, Talent, dll)’, ‘Tahapan Produksi dan Pasca Produksi’, ‘Strategi Promo Program Acara TV’ 


Contoh :

  • Kategori Program     :  ( Hiburan, Education, Informasi )
  • Media                       :  ( Televisi dan Radio )
  • Format Program       : ( Dokumenter, Berita, Drama Televisi, Talk Show, Game show, dll)
  • Judul Program          : ( Jejak Sang Tomi)
  • Durasi Program        : 24.menit ( 144 second )
  • Target Audience      : - Umur :Anak ( 6 -12)
                                                              Remaja ( 13 – 17)
                                                              Dewasa ( 18 – 35 )
                                                              Orang tua ( 36 – keatas)
                                               - Jenis Kelamin :
                                               - Status Ekonomi Sosial :A ( Kelas Atas )
                                                                                       B ( Menengah keatas)
                                                                                       C ( Menengah kebawah)
                                                                                       D ( Kelas bawah)
                                             ( Maksimal pemilihan SES 2 tingkatan)
  • Karakteristik Produksi : Live, live record /  Taping, Record ( Single Camera dan Multi Camera).
  • Jam tayang + Alasan  : 10.00 – 10.30 WIB
Alasan : Pada jam – jam tersebut para ibu – ibu rumah tangga sedang berada dirumah.
  • Pengisi Acara ( Khusus untuk Non Drama)


2.      Perencanaan Konsep kreatif dan konsep teknis.

Dibagian konsep kreativ memaparkan mulai dari ide atau dari permasalahan apa yang medasari karya untuk selanjutnya diangkat menjadi tema karya. Di bagian konsep teknis memaparkan rencana atau tindak lanjut yang akan di lakukan untuk memvisualisasikan karya, termasuk rencana produksi, karakter produksi dan media.
Dalam perencanaan kreativ harus sudah disertakan konsep – konsep awal dari karya yang akan dibuat, contoh : sinopsis / Term Off reference, Naskah cerita / scenario, Rundown Program, Story line, Story telling, Floor plan atau layout kasar.
Dalam perencanaan Teknis sudah harus disertakan konsep – konsep teknis dan apa saja yang akan menunjang produksi atau keperluan penciptaan lainya. Contoh : Shooting Script / camera card / story Board, Set desain, Equipment dan pendukungnya, system kerja atau produksi, program – program yang akan dipakai untuk eksekusi karya.

3.      Perencanaan Budget dan Jadwal Kerja

Bagian ini memuat tentang perencanaan anggaran yang akan dikeluarkan dalam Penciptaan Karya, penjelasan mulai dari tahapan Pra Produksi hingga Pasca  Produksi.

4.      Obyek Karya dan Analisa Obyek

Bagian ini Pencipta memaparkan mengenai obyek apa yang akan diciptakan atau siapa yang akan diangkat menjadi karya.

Contoh Lembar Kerja Sebagai Berikut :


Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi

Production Company     : (nama UNIV.)                                            Produser                             :              
Project Title                   :                                                                   Director                              :
Durasi                            :                                                                   Time Broadcast                  :

No
Tahap
Aktifitas
Target Per Minggu
Februari
Maret
1
2
3
4
1
2
3
1
Pra Produksi
Penemuan Ide






2
Pengembangan Gagasan






3
Penulisan Naskah (Dan Seterusnya…)






4
Produksi
Shooting






5
Dailly Production report






6
Evaluasi Produksi (Dan Seterusnya…)






7
Pasca Poduksi
Capturing






8
Logging






9
On line Editing (Dan Seterusnya…)







Script Breakdown Sheet

Production Company     : (nama UNIV.)                                            Produser                        :              
Project Title                   :                                                                   Director                         :
Durasi                            :                                                                  Time Broadcast              :


No
Scene
Cast
Wardrobe
Make Up
Setting
Properti
Vehicle/Animal
Special Equipment
Notes
1
1
Pak Way
Setelan Jas
Natural
R.Dosen
Pulpen, Absensi, Kunci, Remote LCD
-
Dolly Track
Jika dollytrack tidak ada siapkan Crane
2
2
Cha-cha
Sweater Biru, Celana Jeans, Sepatu Kanvas,
Kacamata,
Helm
Natural
Jalan Raya
Tas,
Motor Mio Warna Biru
Steady Cam
Cameraman
Pakai steady cam naik mobil didepan Cha-cha..


Breakdown Budget

Production Company     : (nama UNIV.)                                          Produser                             :              
Project Title                   :                                                                 Director                              :
Durasi                           :                                                                  Time Broadcast                  :

No
Item
Unit
Rate
Amount
Notes
Pra Produksi
1
Konsumsi

Rp 400.000,00


2
Surat menyurat

Rp 250.000,00


3
Perijinan

Rp 100.000,00


4
Briefing Produksi

Rp 40.000,00


5
Fotocopy Naskah (Dll...)
20
@ 15.000,00 X 20 = Rp 300.000,00
Total : 1.090.000,00

Produksi (Teknik)
6
Sewa Kamera




7
Sewa Lighting




8
Sewa Audio




9
Sewa Genset (Dll...)


Total : 7.500.000,00

Produksi (Artistik)
10
Properti




11
Make Up




12
Wardrobe




13
Setting Dekor




14
Graffis




15
Storyboard
(Dll...)


Total : 1.000.000,00

Produksi (Unit)
11
Konsumsi




12
Foto Copy




13
P3K
(Dll...)


Total : 1.000.000,00

Pasca Produksi
14
Processing




15
Editing




16
Mastering




17
Copy Master
(Dll...)





Shooting Schedule

Production Company     : (nama UNIV.)                                          Produser                             :              
Project Title                   :                                                                 Director                              :
Durasi                            :                                                                Time Broadcast                   :


No
Hari dan Tanggal
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
1
Minggu, 04 Mei 2008
08.00-10.00
Memeriksa Perlengkapan
2
10.00-12.00
Perjalanan ke lokasi
3
12.00-12.30
Break Produksi
4
12.30-13.00
Setting Peralatan
5
13.00-18.00
Pengambilan Gambar
6
18.00-18.30
Break
7
18.30-21.00
Pengambilan Gambar
8
21.00-21.30
Produksi Selesai
9
21.30-22.00
Kembali ke Basecamp
10
22.00
Break Produksi (Tidur)
11
Senin, 05 April2008
05.00-06.00
Persiapan Produksi
12
06.00-07.30
Perjalanan ke lokasi
13
07.30-
Dan seterusnya...


Check List

Production Company     : (nama UNIV.)                                        Produser                             :              
Project Title                   :                                                               Director                              :
Durasi                           :                                                                Time Broadcast                   :


No
Nama
Seri
Jumlah
Keterangan
1
Kamera
Panasonic MD 10000
2
Sewa
2
Kaset
MiniDV
6
Beli
3
Tripot
Velbone
2
Sewa
4
Charger
Panasonic
2
Sewa
5
Batere
Panasonic
2
Sewa
6
Monitor
Panansonic
1
Milik Sendiri
7
Headphone
Sony
2
Milik Sendiri
8
Boom Mic
Synhezer
1
Sewa
9
Lighting
Unomat 800 watt
3
Sewa
10
Kabel Roll

4
Sewa
11
Kabel Audio

4
Sewa
12
Dan Seterusnya....




Casting List
Production Company     : (nama UNIV.)                                    Produser                             :              
Project Title                   :                                                           Director                              :
Durasi                            :                                                           Time Broadcast                  :

No
Tokoh
Karakter
Talent
Nama Di Naskah
Sifat
Fisik
Calon Pemeran
ContactPerson
1
Menur
Optimis, Rajin, Pantang Menyerah, Tomboy, Tidak suka dicuekin
Berdarah Jawa, Warna kulit sawo matang, rambut lurus, postur tinggi, mata agak-agak sipit.
Indri Kumusawati
Mulia Fatmawati
08910111213
08910112345
2
Sari
Watak cerdas, cerdik, Pesimis, Berhati kecil
Pendek, Berkulit Kuning, Rambut ikal
Libya
Harimawati
08910121212
08910101010

Camera Report
Production Company     : (nama UNIV.)                            Produser                             :              
Project Title                   :                                                   Director                              :
Durasi                            :                                                  Time Broadcast                    :

No
Scene
Shot
Take
Angle
Moving
Video
Notes
1
1
1
3
LS
Arching
Robi dan Tomi berjalan di gang
1-2 C
3 OK
2
1
2
2
TS
Still
Robi dan Tomi Berjalan
1 C
2 OK
3
2
1
4
LS
Tracking
Robi masuk ke halaman
1 OK
2-3 C
4 OK
4
2
2
2
MCU
Still
Robimasuk ke halaman
1 OK
2 C









Laporan Editing


Production Company     : (nama UNIV.)                              Produser                             :              
Project Title                   :                                                     Director                              :
Durasi                            :                                                     Time Broadcast                :

No
Scene
EXT/INT
Keterangan
Visual
Audio
SFX
Transisi
Video Effect
Dur
1
1
EXT
(Long Shot-Arching)
Robi dan Tomi berjalan pulang bersama, Sari tampak antusias membicarakan hasil kelulusan dari SMAnya.
Robi  : Eh..Tom dah liat hasil kelulusan?
Tomi : Belum, mang udah keluar ya?
Natural Sound
+
Musik Ilustrasi
(Judul Lagu)
Cutting
-
4dtk
2
1
EXT
(Medium Shot-Two Shot)
Robi dan Tomi berjalan pulang bersama, Sari tampak antusias membicarakan hasil kelulusan dari SMAnya.
Robi  : Ya udahlah..gimana sih?
Tomi : Ah…ga penting yang jelas aku pasti lulus
Natural
Sound
+
Musik Ilustrasi
(Judul Lagu)
Cutting
-
4 dtk

Lighting Sheet
Production Company     : (nama UNIV.)                           Produser                             :              
Project Title                   :                                                  Director                              :
Durasi                            :                                                 Time Broadcast                   :

No
Scene
Shot
Key Light
Back Light
Fill Light
Notes
1
1
1
Read Head 800w + CTB
Read Head 800w
Kinoflo

1
1
2
Read Head 800w + CTB

Read Head 800w + Diffuser

1
1
3
Read Head 800w + CTB

Read Head 800w + Diffuser

Breakdown Tata Artistik
No
Lokasi
Set
Scene
Int/Ext
Waktu
Cast
Wardrobe
Property
Make up
1
Jalanan depan gang
Gang
1
Ext
Sore
Roby

Tomi
-Baju Casual, Celana Jeans, Sepatu Kanvas dll
-Kaos berkerah warna hitam, celana jeans hitam, sepatu putih dll
-Tas dan Buku

-Tas, Topi dan kertas fotocopian


Transkrip Wawancara
Production Company     : (nama UNIV.)                             Produser                             :              
Project Title                   :                                                    Director                              :
Durasi                            :                                                    Time Broadcast                  :

No
Kaset
Time Logging
Statement
Ket
















Naskah Produksi Berita
Production Company     : (nama UNIV.)                                Produser                             :              
Project Title                   :                                                       Director                              :
Durasi                           :                                                        Time Broadcast                  :

N0
VIDEO/ CUE
AUDIO
DUR
REMARK
1
News Anchor
Halo selamat pagi saudara/Bagaimana kabar anda hari ni?
Hari ini sabtu dua puluh satu Agustus dua ribu delapan/Saya Fitriani akan menyajikan beberapa berita yang telah kami siapka//
Fokus kita hari ini: Presiden Susilo Bamabang Yudhoyono akan menaikan harga BBM
Serta kami akan menyajikan suasana sarapan di atas pegunungan yang sejuk dirumah anda
Saya Fitriani inilah berita selengkapnya...//

Fitriani
2
News Anchor
Untuk berita pertama kami memiliki catatan menegenai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berenca menaikan harga BBM


3
VO
Liputan rapat sidang di Gedung DPR-RI tentang kenaikan harga sBBM
Presiden beserta wakil Presiden serta didampingi oleh beberapa mentri/ kapolri dan juga jaksa agung menghadiri rapat konsultasi yang diadakan DPR-RI tentang kenaikan harga BBM//
Ketua DPR-RI Agung Laksono mengatakan bahwa pihaknya menghargai keputusan yang diambil oleh pemerintah walaupun masih berusaha untuk menekan persentasi kenaikan tersebut// Sementara Faris Buma dari Partai Duren bersikap menentang keras atas ide pemerintah tersebut//



Daily Production Report
Production Company     : (nama UNIV.)                                    Produser                             :              
Project Title                   :                                                           Director                              :
Durasi                           :                                                            Time Broadcast                  :

Keterangan
Terjadwal
Pelaksaan
Crew Call
06.00
13.00
1st Make Up Call
10.00
11.00
1st Costume Call
11.00
12.00
Makan Pagi
07.00
07.00
Makan Siang
14.00
14.00
Makan Malam
20.00
20.00
Wrap
21.00
02.00


Kaset Terpakai
MiniDV
Betacam
Sebelumnya
1

Hari ini
2

Jumlah


Tersedia
4

Sisa
1


Peran
Pemeran
Usia
Costume
On Set
Pulang
Menur
Indri
Muda
Blouse Terusan
09.00
Inap
Ibu Sari
Ibu Lidya
Dewasa
Kebaya, kain batik
09.00
Inap
Bpk Gondhp
Bpk
Luthfi
Tua
Keme, Celana kulot
09.00
Inap

Porsi Catering
Dipesan
Realisasi
Makan Pagi
Dipesan
20 bungkus
Makan Siang
Biaya Sendiri
20 bungkus
Makan Malam
Dipesan
25 bungkus

Rundown Program
Production Company     : (nama UNIV.)                                   Produser                             :              
Project Title                   :                                                          Director                              :
Durasi                            :                                                          Time Broadcast                  :

No
Seg
Video
Audio
Durasi
Remark
1
1
Colour Bar
PB
00.00.00-00.00.05

2

Logo BSI
PB
00.00.05-00.00.10

3

Program ID
PB
00.00.15-00.00.20

4

Counting Leader
PB
00.00.25-00.00.30

5

OBB & Judul Program
PB
00.00.30-00.01.00
Animasi
6

Opening Teaser
LIVE


7

Opening Host
LIVE


8

Profil Pesera
LIVE

Template
9

Insert
LIVE

Template..
Danseterusnya…..



Bab IV Pembahasan dan Implementasi Karya

               Pencipta dalam bagian ini akan memberikan analisis mengenai karya yang telah selesai diciptakan. Analisa karya meliputi relevansi karya atau bagian – bagian karya dengan teori dan kajian yang digunakan serta dengan konsep kreatif yang direncanakan. Apabila menggunakan beberapa teori dan kajian hendaknya juga dilakukan analisa secara detail. Teorinya seperti apa, penerapannya dibagian mana, dan hasilnya seperti apa. Dalam pembahassan juga harus sesuai dengan deskripsinya masing – masing pencipta. Terutama yang berkelompok, tentu pembahsannya dari sudut pandang yang berbeda sesuai dengan judul karya. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan esai dan table, seperti contoh :

No
Scene / Snap shot / bagian karya
Analisa
1




Dari segi Sinematografi :

Dari segi Penyutradaraan:

Dari segi cerita / kronologis:

Dari segi teori pencahayaan :

Dari segi teori artistic dan warna:

Dari segi konsep kreatif :

(*hanya contoh, analisa bisa disesuaikan dengan teori dan judul pencipta)
2


Dari segi teori warna :

Dari segi teknik drawing :

Dari segi teknik layout:

Dari segi konsep kreatif :

(*hanya contoh, analisa bisa disesuaikan dengan teori dan judul pencipta)

              
Selanjutnya analisa mengarah kedalam lingkup luas dari karya,  bagian ini memuat analisis Pencipta terhadap hasil Penciptaan Karya, dimulai dari SWOT, Prospek, Pembahasan Karya secara menyeluruh.

Objective antara lain membahas mengenai  Positioning, Kelebihan Khusus dari Karya, Keuntungan Karya bagi Khalayak. SWOT akan membahas mengenai Kekuatan Karya, Kelemahan, Kesempatan dan Ancaman dibandingkan dengan Karya yang telah ada sebelumnya. Prospek akan menjelaskan mengenai Analisa Pencipta setelah mengenali Positioning dan SWOT. Pembahasan karya secara menyeluruh adalah membahas karya ini setelah selesai akan diterapkan atau akan diimplementasikan kepada siapa, dimana dan seperti apa?, termasuk akan disiarkan atau akan dipamerkan kemana.

1.      Laporan  Pelaksanaan Penciptaan Karya

Penjelasan secara terstruktur mengenai  Pelaksanaan Penciptaan Karya,mulai dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi hingga Evaluasi. Dalam hal ini dilaporkan apa yang terjadi dilapangan dan perubahan – perubahan apa yang terjadi setelah dilakukan eksekusi karya. Seperti perubahan jadwal, perubahan cerita, perubahan konsep kreatif atau teknis, perubahan tata letak dan jika ada pengulangan dalam membuat karya.


2.      Materi Pendukung

         Pencipta memaparkan materi  dan karya pendukung dalam realisasi Penciptaan Karya, meliputi peralatan yang digunakan, sumber-sumber data yang digunakan, software komputer yang digunakan. Lebih ditekankan pada pendukung teknis yang digunakan. Serta contoh penggunaan atau contoh pengerjaan (bisa berupa foto behind the scene).

3.      Karya pendukung

         Bagian ini Pencipta menampilkan hasil karya pendukung.  Lebih ditekankan pada karya atau media yang mendukung tersampaikanya karya pada khalayak. Seperti promo program, Konsep Pameran, promosi audio visual, pamflet, stiker, dan lain sebagainya. Bila media-nya adalah media cetak, tampilkan dalam bentuk ‘gambar’ secara keseluruhan. Bila media yang digunakan adalah radio/televisi, atau yang lain, tampilkan bentuk promosi program tersebut misalnya adalah Promosi Print Media atau audio visual.

Bab V Penutup
              
1.      Rekomendasi dan Evaluasi

         Bagian ini Pencipta memaparkan mengenai Rekomendasi dan Evaluasi setelah menyelesaikan Karya.
         Rekomendasi berupa masukan dari Pencipta kepada pembaca hasil laporan TA, atau calon Pencipta Karya berikutnya, bila akan melaksanakan atau menciptakan  Karya yang memiliki kesamaan format program atau kesamaan media.
         Dalam Evaluasi, Pencipta memaparkan hasil Evaluasi dari keseluruhan tahapan Penciptaan Karya yang telah dilaksanakan.
         Pencipta dalam bagian ini juga dapat mencantumkan kesimpulan tentang kelayakan bahwa Karya tersebut layak untuk dieksploitasi ditambah dengan Implementasi yang meliputi dampak langsung dan dampak tidak langsung yang akan dirasakan oleh masyarakat bila mengkonsumsi hasil Penciptaan Karya.

Akhir Laporan

Bagian akhir laporan terdiri dari:
  1. Daftar Pustaka
  2. Lampiran

a. Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam Penulisan.

b. Lampiran

Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, gambar, perhitungan-perhitungan, grafik atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.


      Demikian Rancangan Desain Program Televisi, jika anda ingin Breakdown Sheet dan Camera Shooting Log , klik dan Download di kata tersebut. Mohon Kritik, Saran dan Komentar untuk Blogger sang penulis yaitu saya sendiri dapat intropeksi diri dalam mengembangkan blog.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka By
Harymawan, RMA. 1988. Dramatugi. Bandung : CV Rosda.
Kamu Bahasa Indonesia edisi 3. Balai Pustaka, 2001
Kristanto JB, 2005. Katalog Film – Film Indonesia dari tahun 1926 – 2005. Nalar dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.
Mascelli Joseph V. A.S.C, 1977. THE FIVE C’S CINEMATOGRAPHY,  Cine / Grafic Publication. (Sinematografi, terjemah H.M.Y Biran. Yayasan Citra, Jakarta 1986).
Naratama, 2004. Menjadi Sutradara Televisi dengan Single Kamera dan Multi Kamera. Grasindo, Jakarta.
Nugroho Garin, 2005. Seni Merayu Massa. Kompas, Jakarta.
Sitorus, Eka D. 2002. The Art Of Acting Seni Peran Untuk Teater, Film, Dan TV. PT Gramedia.
Sunaryo, 2006. Kumpulan Istilah Penyiaran. Multi Media Training Centre Yogyakarta.
Tambayong Yapi, 2000. Seni Akting Catatan – Catatan Seni Kreatif Seorang Aktor, Rosda Karya Bandung.
Wibowo, Fred. 1997. Dasar-Dasar Produksi Program Televisi. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Waluyo, Herman J Prof. 2002. Drama : Teori Dan Pengajarannya. PT Hanindita Graha Widya Yogyakarta
Wurtzel, Alan and Stephen R, Acker. 1989. Television Production. Singapore: Mc Graw-Hill.


2 komentar:

  1. bermanfaat banget blog nya buat ane yg udah semester akhir gan.
    thanks

    BalasHapus
  2. [TANYA] Pada bagian Rundown, apa yang dimaksud dengan istilah PB di kolom Audio? Makasih.
    Topiknya keren banget buat acuan materi ^_^

    BalasHapus